Salah
satu komponen penting pada sepeda motor adalah jarum bensin atau indikator
bensin. Dengan adanya jarum bensin ini memudahkan kita untuk mengontrol stok
bensin yang ada pada sepeda motor. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi
tentang cara mengatasi jarum bensin yang tidak bekerja sesuai dengan fungsinya,
khususnya tipe jarum/analog.
Namun jika jarum bensin tersebut
mengalami kerusakan, tentu saja akan membuat kita repot dan kurang nyaman
karena takut kehabisan bensin saat berkendara. Oleh karena itu dalam ksempatan
kali ini admin akan mencoba berbagi informasi tips untuk kamu dalam mengatasi
masalah tersebut yaitu Tips dan Cara Perbaiki Jarum Bensin Motor Rusak, berikut
informasi lengkpnya.
Jarum indikator bensin sepeda
motor juga ada usianya. Bila usia tunggangan sudah lewat lima tahun,
petunjuknya "ngaco". Informasinya penuh, padahal kapasitas di tangki
kosong, atau sebaliknya. Banyak bikers tertipu, dan tak jarang harus menuntun
kendaraannya ke SPBU.
Gejala seperti itu bisa
disebabkan karena beberapa hal. Mulai dari aki, pelampung di tangki,
kelistrikan, atau bisa juga karena speedometer-nya. Harus diurut, biar
ketahuan. Kita tidak bisa langsung memvonis speedometer yang rusak.
Berikut langkah pengecekan yang disarankan:
1. Aki. Tidak mungkin bergerak kalau aki sedang soak, atau
kendaraan tidak ada aki. Lain soal, arus listrik langsung disambungkan dari
spul lampu. Ciri-ciri melihat aki atau baterai sudah lemah sangat mudah,
tinggal cek "kesehatan" bunyi klakson atau tekan tombol starter
)kalau ada).
2. Pelampung. Setelah dipastikan aki masih sehat, berlaih ke
pelampung. Coba cek dengan membuka jok, di sebelah tutup bensin biasanya ada
semacam besi dengan kabel yang direkatkan ke bodi dengan baut. Buka peranti
itu, cukup menggunakan obeng plus. Lepas soketnya, dan sambungkan dua kabel
yang menganga (bisa pakai jumper atau penghantar listrik lain). Setelah
disambungkan, jika jarum di speedometer bergerak, berarti pelampung bermasalah.
Biasanya switch yang ada di pelampung mulai renggang karena terlalu sering
terkena tekanan ketika bensin dikucurkan saat mengisi di SPBU. Banyak yang
berusaha mengakalinya dengan mengikat, atau menambahkan cincin. Tapi tidak
disarankan, karena cepat rusak lagi. Mending beli baru, harganya nggak lebih
dari Rp 150 ribu kok.
3. Kelistrikan. Cek jalur kabel yang menggerakkan jarum.
Skemanya, dari aki menuju sekering, diurut lagi ke kunci kontak, indikator
jarum/ speedometer, dan kembali lagi menuju daerah pelampung. Tes dengan alat
pengukur arus, jika ada yang tidak normal, berarti ada masalah pada jalur
kabel.
4. Speedometer. Jika semua lolos dan jarum penunjuk masih
tak normal. Dipastikan yang rusak bagian speedometer. Ada dua opsi terakhir,
memperbaiki atau mengganti dengan baru. Perbaiki jika memungkinkan atau
kerusakannya ringan seperti mekanis lengket karena kemasukan air, atau ada
kabel yang putus.
Demikian tips yang bisa saya bagikan dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi kita yang membacanya. jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi tangki bahan bakar kendaraan kita terisi.
Source: http://oto-maniak.blogspot.com/2014/07/cara-mudah-memperbaiki-jarum-bensin.html
0 comments:
Post a Comment