efek kursor

kursor

Ruby

Monday, 16 June 2014

CARA MERAWAT DAN MEMBERSIHKAN KARBURATOR SEPEDA MOTOR

Karburator merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting pada sepeda motor. Jika karburator tidak bekerja sesuai fungsinya, sepeda motor akan terasa tidak nyaman digunakan dan bisa menyebabkan sepeda motor mogok/bermasalah. Karburator perlu kita rawat agar mesin sepeda motor tetap memiliki performa yang bagus ketika kita kendarai. Ada 2 cara mudah untuk merawat karburator.

Cara yang pertama cocok untuk pengendara yang malas atau kurang memiliki waktu dalam merawat sepeda motornya sehingga bisa menggunakan cara berikut ini:
Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu hanya Pembersih karbon (CARB Cleaner) atau merek lain.
Peralatan yang perlu dipersiapkan yaitu cukup tools yang sesuai untuk melepas part body sepeda motor agar karburator dapat terjangkau dan bisa kita rawat dengan mudah.
Cara merawatnya yaitu:
1. lepaskan semua bagian body sepeda motor yang menutupi karburator.
2. Panaskan mesin 2-3 menit.
3. lepaskan pipa yang menghubungkan filter udara dengan karburator.
4. Semprotkan CARB Cleaner atau pembersih karbon secara bertahap ke dalam ruang bakar melalui saluran masuk pada karburator.
5. Usahakan jangan sampai mesin mati, bila perlu mainkan handle gas pada saat menyemprotkan pembersih karbon ke dalam karburator.
6. Ulangi beberapa kali hingga warna asap berubah.
7. Matikan mesin dan biarkan selama 2-3 menit agar sisa kerak karbon di dalam ruang bakar rontok.
8. Nyalakan kembali mesin dan rasakan perubahan performanya.


Selanjutnya kita gunakan cara yang kedua, cara ini digunakan sesuai prosedur perawatan sepeda motor pada bengkel resmi pada umumnya, yaitu dengan membongkarnya dan membersihkannya.

Alat dan bahan yang perlu dipersiapkan yaitu:
Kuas, wadah, kunci ring-pas 7, ring-pas 8, ring-pas 9 obeng (+) dan (-), pembersih karbon.

Cara membersihkannya yaitu:
1. Lepaskan selang bensin yang terhubung ke karburator.
2. Lepaskan komponen karburator dari sepeda motor dengan menggunakan kuni ring-pas 9 atau 8 dan obeng (+). (sesuaikan dengan ukuran baut).
3. Lepaskan pelampung pada karburator dengan menarik pin pengunci.
4. Lepaskan pilot jet dengan menggunakan obeng (-)
5. Lepaskan main jet dengan menggunakan kunci ring-pas 7.
6. Sediakan beberapa mili liter bensin untuk membersihkan bagian dalam karbuartor.
7. Bersihkan masing-masing komponen karburator yang telah dilepas tadi menggunakan kuas yang telah dibasahi bensin.
8. Semprotkan pembersih karbon pada komponen-komponen karburator. (khusus chamber pada sepeda motor, isi dengan beberapa mili liter cairan pembersih karbon untuk mengangkat kerak yang menempel pada komponen tersebut).
9. Setelah semua komponen-komponen karburator terlumasi oleh pembersih karbon, bilas kembali menggunakan kuas yang telah dibasahi bensin.
10. Semprot komponen-komponen karburator dengan menggunakan udara bertekanan. Jika tidak ada, tunggu hingga kering.
11. Pasang kembali komponen-komponen karburator sesuai dudukannya.
12. Pasang karburator pada sepeda motor dengan cara kebalikan dari proses pelepasan.


Banyak kemudahan yang bisa kita lakukan untuk merawat sepeda motor kita agar performanya tetap prima. Semua itu tergantung kepada diri pemiliknya, mau atau tidak untuk menerapkan cara-cara tersebut.

Satu hal lagi setelah kita menyervis/merawat karburator pada sepeda motor, jangan lupa untuk menyetel putaran langsam/stasioner sepeda motor agar suplai bahan bakar pada sepeda motor tidak kekurangan dan tidak kelebihan/boros.

0 comments:

Post a Comment